Penyakit Misterius Tewaskan 19 Warga Vietnam

Penyakit Misterius Tewaskan 19 Warga Vietnam

Ilustrasi : artuproar
Ilustrasi : artuproar
HANOI - Vietnam meminta pertolongan pada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menyelidiki penyakit misterius, yang sudah menewaskan 19 orang dan membuat 171 orang lainnya jatuh sakit.

Ketua Komite Partai Rakyat Vietnam di Distrik Ba To, Le Han Phong melaporkan, para pasien mulai menderita demam tinggi dan terdapat bintik-bintik di tangan dan kakinya. Mereka bahkan kehilangan nafsu makan dan mengalami kegagalan organ. Demikian seperti diberitakan Associated Press, Jumat (20/4/2012).

Phong mengatakan, lebih dari 100 orang masih di rawat di rumah sakit dan 10 orang di antara mereka, mengalami gejala yang lebih ringan dan dirawat di rumahnya. Kasus pertama dari penyakit ini muncul pada 2011 lalu, infeksi pun kian menyebar umumnya di wilayah pedesaan.

Pada Desember 2011 lalu, virus penyakit kuku mulut dikabarkan sudah menewaskan 166 warga Vietnam, sebagian besar dari korban adalah anak-anak yang usianya di bawah lima tahun. Meski demikian, infeksi penyakit tersebut menurun pada 2011.

Penyakit ini disebabkan oleh virus dari familia Picornaviridae. Daya tular penyakit ini sangat tinggi, dan dapat menulari rusa, kambing, domba, serta hewan berkuku genap lainnya. Gajah, mencit, tikus, dan babi hutan juga dapat terserang.

Gejala penyakit misterius yang menewaskan 19 orang warga di Vietnam terlihat sama dengan penyakit kuku mulut. Namun, penyakit kuku mulut lebih sering menyerang bocah ketimbang orang dewasa.(AUL)
Berita Aceh Barat


Recommended Posts :

0 komentar:

Posting Komentar - Back to Content

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))