PSBI Gelar Konsolidasi Keturunan Ompu Raja Bolon Se-Indonesia

PSBI Gelar Konsolidasi Keturunan Ompu Raja Bolon Se-Indonesia

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Tak jarang generasi muda di Indonesia yang sudah tidak memperdulikan adat istiadatnya. Berangkat dari keinginan untuk melestarikan budaya Batak sebagai warisan lelulur, Marga Simbolan yang tergabung dalam PSBI (Punguan Simbolan dohot Boruna Indonesia) akan menggelar "Pesta Bolon Simbolon" yang akan digelar di Gelora Bung Karno, 1-7 Juli 2012.

"Kegiatan ini untuk marga Simbolon, konsolidasi keturunan Ompu Raja Bolon Se-Indonesia. Dulu seluruh dunia. Untuk tahun ini, panitia tidak undang dari luar negeri. Pesta bolon yang kita acarakan memperkenalkan budaya batak," kata Ketua Panitia Pesta Bolon Simbolon, Brigjen Pol. Anton Simbolon, dalam pesan elektroniknya kepada wartawan, Kamis (3/5/2012).

Jendral bintang satu ini menuturkan bahwa kegiatan adat Batak ini merupakan Pesta Adat back to basic, sesuai dengan kebudayaan batak. "Karena kita dari keturunan Parna yang ke-56 mempunyai banyak marga didalamnya. Sehingga kalau kakak atau adik. (Marga lain yang tergabung dalam Parna), punya acara, adik atau kakaknya yang mengerjai kegiatan pesta adat," paparnya.

Sebelum pelaksanaan Pesta Bolon Simbolan 2012, lanjut Anton, PSBI akan melaksanakan Kongres II PSBI 2012 di Hotel Sultan pada tanggal 4-6 Juli 2012 yang akan dihadiri oleh utusan dari 85 PSBI wilayah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kongres tersebut akan menetapkan kepengurusan baru PSBI periode 2012-2017, mengamandemen AD/ART, menetapkan program lima tahunan dan memberikan laporan pertanggungjawban pengrus priode 2007-2012.

Dalam rangka perayaan hari ulang tahun ke-5 PSBI yang puncaknya pada perayaan Pesta Bolon Simbolon 2012, Panitia HUT melaksanakan beberapa kegiatan yaitu PSBI Cup di Jakarta yang diikuti 19 Kesebelan dan PSBI Cup Samosir yang diikuti oleh 16 Kesebelasan yang finalnya pada 30 Juni 2012.

Pesta bolon Simbolon 2012 ini dimaksudkan agar masyarakat batak yang ada di perantauan bisa memahami dan mengetahui nilai-nilai budaya batak yang asli. "Intinya kita ingin melestarikan budaya adat Batak kepada generasi muda saat ini, agar tidak tergusur dengan budaya yang bukan adat," ungkapnya.

Panitia juga melaksanakan Bakti sosial dan Pameran serta Bazaar yang diselenggarakan di Koridor Senayan-Hotel Sultan yang akan diikuti oleh berbagai perusahaan jasa dan barang serta seluruh pemerintah Kabupaten se-Sumatera Utara yang memamerkan hasil kerajinan tangan dan produk-produk unggulan daerah masing-masing. Pameran dan Bazaar ini akan berlangsung dari tanggal 1-7 Juli 2012 dimulai pukul 10.00 WIB setiap harinya dan akan diramaikan oleh musisi-musisi Batak dan artis Ibukota yang berlangsung dari pukul 16.00 hingga pukul 21.00 WIB.
(ris)

Berita Aceh Barat


Recommended Posts :

0 komentar:

Posting Komentar - Back to Content

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))